Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Konsepsi ilmu budaya dasar berasal
dari kata Humanities yang berasal dari bahasa latin yaitu,manusiawi,
berbudaya, dan halus. Hal ini tentunya sangat baik jika kita pelajar, karna
kita akan mendapatkan ciri dari manusia yang baik dalam bermasyarakat.
The Humanities berkaitan dengan nilai – nilai norma manusia contohnya norma
agama, hukum, kesusilaan dan kesopanan. Pada Umumnya Humanities mencangkup
filsafat, teologi, seni, dan cabang-cabangnya termasuk sastra, sejarah, cerita
rakyat dan sebagainya. Ada Istilah Humanities berkaitan dengan cabang-cabang
ilmu lainnya seperti filsafat, teologi, seni, dan cabang-cabangnya termasuk
satra, sejarah, cerita rakyat, dsb. Dari semua itu intinya adalah mempelajari
masalah manusia dan kebudayaan. Jadi Intinya the Humanities mempelajari semua
masalah tentang manusia dan budaya.
Pengetahuan Ilmu Budaya Dasar yang
diharapkan mampu memberikan pengetahuan dasar dan umum tentang konsep-konsep
yang dikembangkan untuk menyelesaikan masalah manusia dan kebudayaan . Suatu
karya yang dapat kita ungkapkan lebih dari satu masalah, sehingga ilmu
budaya dasar bukan ilmu sastra,melainkan ilmu filsafat ataupun ilmu tari yang
terdapat dalam pengetahuan budaya, tetapi ilmu budaya dasar menggunakan karya
yang terdapat dalam pengetahuan budaya. Pengetahuan budaya mengkaji masalah
nilai-nilai manusia sebagai mahluk berbudaya (homo humanus). Sedangkan ilmu
budaya dasar bukan ilmu tentang budaya, melainkan mengenai pengetahuan dasar
dan pengertian umum tentang konsep-konsep.
Pokok-pokok yang terkandung dari beberapa devinisi
kebudayaan
1. Kebudayaan yang terdapat antara umat manusia sangat beragam
2. Kebudayaan didapat dan diteruskan melalui pelajaran
3. Kebudayaan terjabarkan dari komponen-komponen biologi, psikologi dan sosiologi
4. Kebudayaan berstruktur dan terbagi dalam aspek-aspek kesenian, bahasa, adat istiadat,
budaya daerah dan budaya nasional
Ilmu Budaya Dasar Merupakan Pengetahuan Tentang Perilaku Dasar-Dasar Dari Manusia. Unsur-unsur kebudayaan
1. Sistem Religi/ Kepercayaan
2. Sistem organisasi kemasyarakatan
3. Ilmu Pengetahuan
4. Bahasa dan kesenian
5. Mata pencaharian hidup
6. Peralatan dan teknologi
1. Kebudayaan yang terdapat antara umat manusia sangat beragam
2. Kebudayaan didapat dan diteruskan melalui pelajaran
3. Kebudayaan terjabarkan dari komponen-komponen biologi, psikologi dan sosiologi
4. Kebudayaan berstruktur dan terbagi dalam aspek-aspek kesenian, bahasa, adat istiadat,
budaya daerah dan budaya nasional
Ilmu Budaya Dasar Merupakan Pengetahuan Tentang Perilaku Dasar-Dasar Dari Manusia. Unsur-unsur kebudayaan
1. Sistem Religi/ Kepercayaan
2. Sistem organisasi kemasyarakatan
3. Ilmu Pengetahuan
4. Bahasa dan kesenian
5. Mata pencaharian hidup
6. Peralatan dan teknologi
Ilmu budaya daar berbeda dengan
pengetahuan budaya. Ilmu budaya dasar dalam bahasa Ingngris disebut basic
humanities. Pengetahuan budaya dalam bahas inggris disebut dengan istilah the
humanities. Pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai
mahluk berbudaya (homo humanus). Sedangkan ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang
budaya, melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang
konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan
budaya.
Tujuan
Ilmu Budaya Dasar
Tujuan dasar dari IBD ini tidak lain
adalah untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang
konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji berbagai persoalan budaya serta
persoalan yang dihadapi manusia. Selain itu IBD tidak bermaksud menggambarkan
disiplin ilmu yang merujuk hanya satu bidang saja, melainkan mengambarkan
berbagai disiplin ilmu termasuk di dalamnya pengetahuan budaya (the
humanities). Di samping itu, IBD turut serta dalam pengembangan kerpibadian
bagi kita yang mempelajarinya. Dengan mempelajarinya kita memperoleh banyak
wawasan dan pemikiran. Sehingga dengan begitu kita bisa menjadi lebih kritis
terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut diri kita, orang lain mapun
alam sekitar kita.
Namun demikian, untuk memenuhi tujuan ideal tersebut, IBD dengan sendirinya memberikan harapan kepada kita seperti berikut :
Namun demikian, untuk memenuhi tujuan ideal tersebut, IBD dengan sendirinya memberikan harapan kepada kita seperti berikut :
1. Mengusahakan penajaman dan
kepekaat pola pikir kita terhadap lingkungan budaya, sehingga kita lebih mudah
menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, terutama untuk kepentingan setiap
individu.
2. Memberikan kesempatan bagi kita
semua untuk memperluas wacana tentang berbagai masalah yang dihadapi manusia
maupun berbagai persoalan budaya.
3. Mengkader kita untuk menjadi
individu yang toleran dan tidak terjerumus dalam sifat kedaerahan, fanatisme agama,
maupun ras atau golongan. Hal ini karena ruang lingkup pendidikan yang kita
rasakan saat ini cenderung membuat setiap manusia berpandangan sempit,
mementingkan golongan dan lain sebagainya.
4.
Mengembangkan daya kritis tcrhadap
pcrsoalan kemanusiaan dan kebudayaan.
5.
Memiliki latarbelakang pengetahuan
yang cukup luas tentang kebudayaan Indonesia.
6.
Menimbulkan minat untuk
mendalaminya.
7.
Mendukung dan mcngcmbangkan
kebudayaan sendiri dengan kreatif.
8.
Tidak terjerumus kepada sifat
kedaarahan dan pengkotakan disiplin ilmu.
9. Menambahkan kemampuan mahasiswa untuk mcnanggapi masalah
nilai-nilai budaya dalam masyarakat Indonesia dan dunia tanpa terpikat oleh
disiplin mereka.
10. Mempunyai kesamaan bahan pembicaraan, tempat berpijak
mengenai masalah kemanusiaan dan kebudayaan.
11.
Terjalin interaksi antara
cendekiawan yang berbeda keahlian agar lebih positif dan komunikatif.
12.
Menjembatani para sarjana yang
berbeda keahliannya dalam bertugas menghadapi masalah kemanusiaan dan budaya.
13. Memperlancar pelaksanaan pembangunan dalam berbagai bidang
yang ditangani oleh berbagai cendekiawan.
14.
Agar mampu memenuhi tuntutan
masyarakat yang sedang membangun.
15.
Agar mampu memenuhi tuntutan dari Tri
Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dharma pendidikan.
Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Bertitik tolak dari kerangka tujuan
yang telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan
pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD. Kedua masalah
pokok itu adalah :
1.Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan
ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan
pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian
(disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang)
berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya
2.Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang
beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
Menilik kedua pokok masalah yang
bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati
posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian.
Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesame, dirinya sendiri,
nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi
tema sentral dalam IBD. Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah :
1.Manusia dan cinta kasih
2.Manusia dan Keindahan
3.Manusia dan Penderitaan
4.Manusia dan Keadilan
5.Manusia dan Pandangan hidup
6.Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
7.Manusia dan kegelisahan
8.Manusia dan harapan
1.Manusia dan cinta kasih
2.Manusia dan Keindahan
3.Manusia dan Penderitaan
4.Manusia dan Keadilan
5.Manusia dan Pandangan hidup
6.Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
7.Manusia dan kegelisahan
8.Manusia dan harapan
Link Video Dan Analisis Saya
Dalam blog ini penulis akan membahas
tentang lambatnya indonesia dalam menangani hak paten atas kebudayaan indonesia
berikut link video yang mengingatkan kita bahwa negara tentangga yang pernah
mengakui kebudayaan kita
link video
coba kalian perhatikan betapa lemahnya negara ini menjaga kelestarian budaya yang begitu banyak sampai negara tentangga yang ingin mencintainya kita seharusnya lebih banyak belajar mencintai budaya asli kita agar tidak ada lagi kejadia yang seperti itu dan lebih parahnya pemerintah indonesia terlalu lambat untuk menanggapinya kita semua tau bahwa budaya kita melayu yang sama dengan mereka tetapi belum tentu sama akan ciri khas budaya tersebut,seharusnya pemerintah kita memberikan sanksi tegas atas sikap negara yang mengklaim budaya-budaya kita dan seharusnya pemuda pemuda bangsa ini agar lebih memahami setiap budaya dan melestarikannya. jangan di saat ada negara lain yang mengakui baru kita bertindak seharusnya sudah sejak lama kita selalu melestarikan budaya kita,indonesia memang kaya dengan budaya tapi sayang negeri tentangga lebih menghargainya bahkan selalu ingin memilikinya,tidakah hati kita terusik untuk menjaga kelestarian budaya nusantara semua tentu demi martabat bangsa ini.
sekian pembahasan saya semoga dapat menginspirasi kita agar selalu melestarikan budaya" kita dan menjaganya
link video
coba kalian perhatikan betapa lemahnya negara ini menjaga kelestarian budaya yang begitu banyak sampai negara tentangga yang ingin mencintainya kita seharusnya lebih banyak belajar mencintai budaya asli kita agar tidak ada lagi kejadia yang seperti itu dan lebih parahnya pemerintah indonesia terlalu lambat untuk menanggapinya kita semua tau bahwa budaya kita melayu yang sama dengan mereka tetapi belum tentu sama akan ciri khas budaya tersebut,seharusnya pemerintah kita memberikan sanksi tegas atas sikap negara yang mengklaim budaya-budaya kita dan seharusnya pemuda pemuda bangsa ini agar lebih memahami setiap budaya dan melestarikannya. jangan di saat ada negara lain yang mengakui baru kita bertindak seharusnya sudah sejak lama kita selalu melestarikan budaya kita,indonesia memang kaya dengan budaya tapi sayang negeri tentangga lebih menghargainya bahkan selalu ingin memilikinya,tidakah hati kita terusik untuk menjaga kelestarian budaya nusantara semua tentu demi martabat bangsa ini.
sekian pembahasan saya semoga dapat menginspirasi kita agar selalu melestarikan budaya" kita dan menjaganya
Daftar pustaka.
sumber video youtube
Komentar
Posting Komentar