Langsung ke konten utama

timer pada VB



Pada laporan ini saya telah membuat program animasi pada VB menggunakan fitur time dengan langkah sebagai berikut.
Pertama kita buat form1 dan masukan timer dengan properti interval 5000 dan ganti kolom enabled yang semula false menjadi true.
Lalu klik dua kali pada timer dan masukkan codingan sebagai berikut :
Private Sub Timer1_Timer()
MDIForm1.Show
Unload Me
End Sub
Perintah diatas digunakan untuk masuk ke MDI Form atau program yang akan kita buat nanti dan ini berguna sebagai splash screen dengan masukan interval 5000 yaitu menunjukkan waktu munculnya lalu setelah itu akan langsung masuk program yang berada dalam form 2 didalam MDI form.
Pada properties di tab categorize kita ganti BorderStyle menjadi none agar menghilangkan tombol exit dan minimize di pojok kanan atas.
Berikan gambar untuk membuat splash screen lebih hidup dengan cara pilih menu picture di properties pada form.
Lalu selanjutnya kita buat form 2 dengan cara klik menu project dan pilih add form lalu masukkan 1 label, 5 command button untuk arah dan 4 timer kedalam form 2 lalu klik command1 dan ganti caption nya menjadi “atas” lalu klik 2x dan ketikkan kodingan berikut :
Private Sub Command1_Click()
Timer1.Enabled = True
Timer2.Enabled = False
Timer3.Enabled = False
Timer4.Enabled = False
End Sub
Pada perintah diatas kita mengaktifkan timer untuk digunakan untuk menggerakkan label atau objek, satu button di asosiasikan kepada satu timer dan tulis kan false pada timer selain timer yang diasosiasikan dengan button agar menghindari kekacauan seperti kasus saat meng klik atas lalu klik bawah mengakibatkan objek bergerak bulak balik berulang – ulang.
Pada button “STOP” semua timer di false kan.
Lalu langkah selanjutnya adalah membuat objek bergerak dengan cara memberikan perintah pada timer seperti dibawah ini :



Private Sub Timer1_Timer()
Label1.Top = Label1.Top - 20
If Label1.Top = 0 Then
    Timer1.Enabled = False
    Timer4.Enabled = True
End If
End Sub
Pada perintah diatas adalah menentukan arah gerak objek, keatas itu Top dengan tanda (-)20, kebawah itu Top dengan tanda (+)20 lalu kiri itu left dengan tanda (-)20 dan kanan itu left dengan tanda (+)20.
Kita buat kondisi if untuk membuat efek memantul, jika objek bergerak keatas dan mentok maka akan bergerak ke arah yang berlawanan dengan membuat timer dengan arah yang dimaksud false dan true untuk timer dengan arah yang berlawanan.
Pada properties timer kita beri interval 15 yang mana menunjukkan kecepatan gerak objek lalu kita buat enabled nya false agar objektidak langsung berjalan saat program di run.
Terakhir kita semat kan gambar di pilihan picture pada properties pada form untuk mempercantik tampilan.
Langkah terakhir yaitu membuat MDI Form untuk menyatukan form 1 dan 2. Cara nya yaitu klik menu project dan pilih add MDI Form lalu cara memasukkan form 2 kedalam MDI Form yaitu pada properties form 2 pilih MDI child dan ubah menjadi true.
Selanjut nya kita membuat menu dengan tulisan animasi dengan cara klik menu tools lalu pilih menu editor, isi dengan caption dan nama “animasi” dan kemudian klik 2x pada animasi dan isi dengan perintah :
Private Sub animasi_Click()
Form2.Show
End Sub
Perintah diatas  adalah untuk menampilkan form 2 saat kita klik menu animasi
Dan terakhir jalankan program, maka akan tampil seperti pada output di bawah.






OUTPUT PROGRAM
1.    Layar akan menampilkan splash screen seperti dibawah
tampilan splitscreen.png

2.    Lalu akan muncul MDIForm






















3.Jika kita klik pada animasi maka akan muncul jendela seperti pada gambar dibawah.











4. Jika kita klik tombol “ATAS” maka Label akan bergerak keatas dan jika sudah sampai batas ia akan langsung memantul kembali kebawah dan jika kita menekan tombol “BAWAH” ia akan bergerak kebawah hingga batas lalu memantul kembali keatas. Begitu pula saat menekan “KANAN” dan “KIRI”. Dan jika tombol “STOP” ditekan maka Label akan berhenti.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMANFAATAN INTERNET PERTAMA KALI

haii kawan kawan pembaca blog ini sekarang penulis akan menuliskan pemanfaatan teknologi internet dan hal yang pertama kali penulis lakukan di internet Pengertian Internet Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif   Sejarah Internet Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET ( Advanced Research Project Agency Network ), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua s

Cara Mendirikan Usaha Dan Syarat - Syarat Mendirikan Usaha

CARA MENDIRIKAN PERUSAHAAN PERSEROAN TERBATAS (PT) Pada tugas softskill ke – 2 ini akan menjelakan tentang bagaimana membuat sebuah perusahaan perseroan terbatas serta syarat-syarat apa saja yang diperlukan dalam pembuatannya tersebut. Commmanditaire Vennootschaap (CV) adalah suatu perusahaan yang didirikan oleh satu atau beberapa orang secara tanggung menanggung, bertanggung jawab secara seluruhnya atau secara solider, dengan satu orang atau lebih sebagai pelepas uang ( Geldschieter ), dan diatus dalam KUHD. CV pada konsepnya merupakan permitraan yang terdiri dari satu atau lebih mitra biasa dan satu atau lebih mitra diam (Komanditer), yang secara pribadi bertanggung jawab untuk semua utang pemitraan, dan bertanggung jawab hanya sebesar kontribusinya. kehadiran mitra adalah ciri utama dari CV. Dalam soal pengurusan Persekututan, sekutu komanditer dilarang melakukan pengurusan meskipun dengan surat kuasa. Ia hanya boleh mengawasi pengurusan jika memang ditentukan demikia